Logam Mulia Selain Emas yang Sering Dijadikan Perhiasan

Perhiasan emas memang sudah terkenal melambangkan kemewahan dan keindahan. Perhiasan terbuat dari emas sudah digunakan sejak dahulu kala.

Namun selain emas, masih banyak lagi logam mulia yang biasa dijadikan perhiasan. Alasan orang memilih perhiasan jenis lain juga beragam mulai dari harga hingga kesehatan.

Sebab orang bisa alergi dengan jenis logam tertentu.

Adapun beberapa contohnya adalah tembaga (Cu), perak (Ag), emas (Au), platinum (Pt), palladium (Pd), iridium (Ir), osmium (Os), ruthenium (Ru), rhodium (Rh), dan rhenium (Re).

Logam mulia ini biasa digunakan dalam berbagai aplikasi, termasuk perhiasan, koin, serta dalam industri katalis dan biomedis.

Jadi, secara sederhana, logam mulia adalah jenis logam yang memiliki nilai tinggi dan banyak digunakan dalam berbagai bidang kehidupan.

Logam Mulia Selain Emas

1. Tembaga (Cu)

Tembaga merupakan jenis logam mulia yang paling sering digunakan untuk perhiasan. Tembaga juga sering jadi campuran emas ketika menjadi perhiasan.
Harga yang terjangkau dan stok yang melimpah, membuat logam jenis ini banyak digunakan bukan hanya untuk perhiasan tapi juga dalam kehidupan sehari-hari.

2. Perak

Perhiasan perak juga tak kalah populer dari emas. Meski harganya lebih murah dibanding emas, perak juga digemari untuk dijadikan bahan perhiasan.

3. Platinum (Pt)

Nah logam yang satu ini termasuk langka. Jumlahnya tidak melimpah seperti tembaga dan emas.

Salah satu keunikan platinum adalah sifat katalis kimia yang sangat efisien. Logam mulia satu ini sangat sering digunakan dalam konverter katalitik untuk mengoksidasi karbon monoksida dalam mesin pembakaran internal. Selain itu, platinum juga kerap digunakan di dalam elektrokimia.

4. Paladium (Pd)

Paladium memiliki daya serap hidrogen yang besar. Oleh sebab itu, Paladium kerap menjadi katalis yang sangat efektif untuk reaksi hidrogenasi dan dehidrogenasi. Partikelnya yang berukuran nanometer juga digunakan sebagai agen antimikroba dan untuk meningkatkan sensitivitas deteksi Raman permukaan.

6. Iridium (Ir)

Meski sangat jarang ditemukan, iridium memiliki resistensi yang sangat tinggi terhadap korosi. Oleh sebab itu, logam mulia ini digunakan sebagai bahan baku komponen busi dan peralatan ruang angkasa. (*)