Cara Menyimpan dan Menabung Emas yang Aman Anti Maling

Slogan berhias sambil menabung sering disebutkan bagi pemilik perhiasan emas. Memiliki perhiasan emas memang selain digunakan untuk mempercantik penampilan, juga bisa digunakan untuk menabung. Apalagi dalam jangka waktu yang lama, maka Anda akan mendapat untung dari emas tersebut ketika dijual. Apalagi jika Anda memiliki emas kadar 99,99 persen.

Namun, menyimpan emas harus dengan benar agar aman dan tidak rusak.

Cara Menabung Emas di Rumah

Pertama hindari kerusakan emas baik itu oleh benturan, goresan dan kontaminasi zat kimia lain.

Pasalnya murni memiliki tekstur lunak dan mudah sekali tergores. Nah, agar nilainya tidak berkurang karena lecet, pastikan untuk menyimpan emas di tempat yang aman.

Nah untuk penyimpanan, Anda tentu tidak bisa sembarangan menyimpannya karena emas batangan memiliki risiko hilang maupun diambil orang yang tidak bertanggung jawab.

Simpanlah emas di tempat terkunci atau tertutup yang tidak mudah dijangkau oleh siapa pun.

Tempat yang mudah dijangkau seperti lemari dan biasanya menjadi sasaran utama dalam kebanyakan kasus pencurian sebaiknya dihindari.

Sebaliknya, Anda lebih baik menyimpannya di brankas atau ruang tersembunyi.

Alih-alih menyimpan uang di brankas besi biasa, sahabat bisa menggunakan brankas dekoratif yang berbentuk seperti objek biasa di dalam ruangan, seperti buku dan furnitur kerja.

Namun, brankas saja tidak cukup untuk mengamankan tabungan emas di rumah. Untuk itu, perketat keamanan brankas dengan menyetel kode brankas yang hanya diketahui oleh Anda.

Hal lain yang bisa dilakukan dalam cara menabung emas di rumah ini adalah menggembok brankas dan melengkapinya dengan kode kombinasi.

Jika perlu, tempatkan brankas di lokasi tersembunyi sehingga hanya sahabat saja yang bisa mengaksesnya.

Lakukan Investasi Emas Secara Digital

Jika merasa repot menyimpan emas di rumah, Anda bisa memilih investasi emas secara digital. Saat ini, Anda bisa menabung emas dengan mudah melalui aplikasi Pegadaian Digital yang bisa diunduh di Play Store dan App Store.

Tidak butuh modal banyak, Anda bisa menabung emas di Pegadaian mulai dari 0,01 gram dengan harga terjangkau.

Di samping tabungan emas yang aman, sahabat pun bisa melakukan transfer ke sesama pemilik rekening Tabungan Emas melalui aplikasi tersebut.

Selain menabung emas secara digital, Anda juga bisa menyimpan emas Anda menggunakam Safe Deposit Box Pegadaian.

Safe Deposit Box adalah fasilitas yang disediakan oleh Pegadaian untuk menyimpan aset berharga, termasuk emas, dengan aman.

Cara ini dapat mengurangi risiko kehilangan, kerusakan, dan pencurian emas yang rawan jika disimpan di dalam rumah.

Anda tidak perlu membuka rekening Tabungan Emas dulu untuk menggunakan fasilitas ini. Cukup lengkapi persyaratannya, yaitu:

– Fotocopy KTP.

– Formulir permohonan yang diisi lengkap.

– Biaya pendaftaran sebesar Rp10 ribu.

– Biaya sewa Safe Deposit Box sesuai ukuran.

Adapun pengajuan Safe Deposit Box perlu dilakukan secara langsung di cabang Pegadaian terdekat.