Beberapa Faktor yang Pengaruhi Harga Emas Dunia

Untuk Anda yang ingin melakukan investasi emas, harus paham bahwa harga emas setiap harinya berbeda-beda, bisa naik bisa turun.

Harga emas sendiri dipengaruhi dengan harga emas global yang juga terpengaruh kepada beberapa faktor.

Perubahan harga emas dunia bersifat fluktuatif dan dipengaruhi oleh beberapa faktor. Yuk, simak penjelasannya berikut.

Kondisi Global yang Tidak Pasti

Kondisi global yang dimaksud seperti ekonomi, geopolitik, krisis perang maupun resesi ekonomi.

Namun tidak seperti mata uang yang cenderung melemah, nilai emas dalam kondisi politik dan ekonomi dunia yang tidak menentu justru mengalami peningkatan.

Penawaran dan Permintaan Emas

Selain kondisi ekonomi yang tidak pasti, penawaran dan permintaan emas pun juga mempengaruhi harga secara global.

Seperti barang lainnya, harga emas akan naik seiring dengan kenaikan angka permintaan (demand). Sebaliknya, harga emas akan menurun apabila jumlah penawaran (supply) lebih tinggi dibandingkan angka permintaan.

Namun, berbeda dari mata uang yang akan cenderung kehilangan nilai saat jumlah penawaran meningkat, nilai emas tergolong lebih stabil.

Jumlah supply akan Emas akan terus meningkat seiring dengan kenaikan angka permintaan.

Karena, komoditi Emas tidak hanya digunakan untuk instrument investasi saja, namun Logam mulia juga diolah menjadi perhiasan maupun sebagai salah satu komposisi produk elektronik dan lain sebagainya.

Kebijakan Moneter

Kebijakan moneter yang dikeluarkan Bank sentral Amerika Serikat atau The Fed juga menjadi faktor penting penyebab naik-turunnya harga Emas. Maksudnya, kebijakan yang berpengaruh adalah keputusan bank sentral untuk menaikkan maupun menurunkan suku bunga.

Ketika The Fed menetapkan penurunan suku bunga, maka bisa dipastikan harga Emas akan naik. Karena, suku bunga yang turun membuat mata uang dolar menjadi kurang menarik. Sehingga, kebanyakan orang akan langsung beralih ke investasi Emas untuk menempatkan uangnya. Dengan demikian, nilai harta mereka tidak akan ikut mengalami penurunan nilai.

Inflasi

Inflasi juga menyebabkan naik-turunnya harga Emas. Inflasi membuat nilai mata uang menjadi menurun. Sehingga, hal ini berpengaruh juga terhadap nilai tabungan uang yang tersimpan di dalam rekening. Inilah yang membuat banyak orang lebih memilih untuk berinvestasi dalam bentuk Emas yang memiliki nilai lebih stabil dibandingkan nilai mata uang.

Nilai Tukar Dolar Amerika Serikat

Nilai tukar dolar Amerika Serikat juga dijadikan sebagai patokan naik-turunnya harga emas dunia. Sehingga Anda yang ingin mengetahui harga emas dunia dalam mata uang rupiah, bisa memperhatikan konvesi nilai mata uang Dolar (USD) ke mata uang Rupiah (Rp).

Ketika nilai mata uang Rupiah melemah terhadap Dolar, harga Emas dalam negeri akan menguat. Begitu juga jika harga Emas dalam negeri akan menurun apabila nilai tukar Rupiah justru menguat. (*)