Apa itu Emas London Murni (LM), Bagaimana Prospek Investasinya

Salahsatu istilah emas yang sering terdengar adalah London Murni (LM). Emas ini sering dijadikan perhiasan dan berharga tinggi sebab kadar emasnya 99,99 persen.

Jadi jika Anda mencari perhiasan dengan emas murni maka pilihannya adalah London Murni.

Selain dijadikan perhiasan, emas London juga dijadikan emas batangan produksi luar negeri yang diperdagangkan di Indonesia sebagai instrumen investasi.

Meskipun namanya emas london, emas ini sebenarnya tidak hanya berasal dari Inggris, melainkan dari negara mana pun.

Emas london memiliki cap perusahaan pada permukaan batang emas.
Kabarnya, emas london dianggap memiliki keuntungan lebi tinggi karena harganya sama dengan harga pasaran dunia.

Sehingga ketika kurs tengah naik, maka harga emas london juga akan naik. Namun, harga emas ini juga diklaim lebih rendah dibanding harga emas lokal sebab biaya produksi luar negeri yang lebih murah memungkinkan harga penjualannya yang lebih rendah pula ke masyarakat.

Adapun beberapa keuntungan berinvestasi Emas London adalah sebagai berikut:

1. Bebas Pajak

Menurut ketentuan pemerintah, emas batangan dianggap sebagai kekayaan bebas pajak, dan hal ini juga berlaku pada emas london. Hal yang menambah keuntungan adalah dana yang dikeluarkan investor untuk membeli emas london lebih sedikit, sementara potensi kenaikan harganya juga tinggi karena mengikuti harga pasaran dunia.

2. Sedikit Peminat

Sampai saat ini, masyatakat Indonesia lebih menyukai emas Antam. Sehingga tak banyak yang meminati emas london, oleh karenanya harganya pun relatif lebih rendah. Namun demikian, harganya akan terus naik, terlebih jika dijual ke luar negeri.

3. Informasi Detail di Badan Emas

Cap di pemukaan emas batangan London menerangkan informasi detail tentang tingkat kemurnian emas, perusahaan yang memproduksi, pemurnian, dan berat logam. Bahkan emas london dengan besaran tertentu disertai sertifikat, membuat harga jualnya makin tinggi.

4. Semakin Besar Semakin Tinggi Harga Jual

Semakin besar emas, semakin murah harga jualnya ke masyarakat. Namun, seperti ulasan di atas, harga jual kembali akan meningkat seiring perkembangan harga emas dunia. (*)