Apa Itu Emas Hitam atau Black Gold dan Berapa Harganya

Istilah emas hitam sering digunakan untuk menyebut komoditas batu bara dan minyak bumi karena harganya yang mahal.

Namun secara harfiah, emas hitam juga merupakan emas yang berwarna hitam alias black gold.

Memangnya ada emas berwarna hitam? Apakah emas hitam itu asli dan punya nilai jual seperti emas fine gold kuning?

Black gold bukanlah merupakan logam mulia asli seperti fine gold, melainkan percampuran emas murni dengan logam lain. Namun, tidak seperti paduan lain dimana dua logam dicampurkan, lapisan hitam hanya ada di permukaan.

Perlu Anda ketahui, berkat perkembangan teknologi, emas yang dulunya hanya identik berwarna kuning mengkilap, kini ia bisa memiliki beraneka ragam tampilan seperti putih, hitam, biru, atau hijau.

Bahkan, keunikan tampilan emas hitam adalah hal yang membuat jenis logam mulia ini menjadi populer.

Pada dasarnya, emas hitam adalah emas murni yang memiliki warna asli kuning. Hanya saja, perhiasan tersebut digabungkan dengan logam mulia lainnya.

Kedua jenis logam ini tidak dicampurkan sehingga benar-benar menyatu. Akan tetapi, emas tersebut terlapisi oleh logam lainnya sehingga dari luar tampak berwarna hitam.

Biasanya jenis logam mulia yang digunakan untuk melapisi emas hitam adalah rhodium atau ruthenium.

Nah, dengan demikian tampilan perhiasan black gold menjadi tidak konvensional dan melawan pakem.

Namun hal itu juga yang membuat tren permintaan emas hitam terus meningkat.

Bahkan ke depannya, akan semakin banyak orang yang menggunakan emas hitam sebagai cincin tunangan atau sekedar perhiasan.

Salah satu kelebihan lainnya dari emas hitam adalah minimnya resiko kejahatan. Pasalnya, tampilan emas hitam tidak mencolok seperti perhiasan pada umumnya.

Namun demikian, kelemahan dari emas hitam adalah harganya yang mahal karena belum adanya teknologi khusus untuk membuat perhiasan ini di Indonesia.

Oleh karena itu, cara mendapatkan emas hitam adalah dengan mengimpornya dari luar negeri yang tentu saja membuat biaya kirim dan produknya semakin mahal.

Kekurangan lainnya dari emas hitam adalah tampilan warnanya bisa berubah menjadi lebih pudar apabila ia sudah digunakan untuk berbagai aktivitas pada waktu yang cukup lama.

Nah, terjawab sudah pertanyaan apakah emas hitam itu asli emas.

Sementara untuk harga, emas hitam cemderung lebih mahal dari emas kuning karena campuran logam mulia lain di dalamnya, serta butuh teknologi tinggi untuk menciptakannya. (*)