Beda Emas Cetakan Antam dan UBS

Bagi Anda yang akan membeli emas batangan, mungkin akan mempertimbangkan jenis emas dan produsen emas tersebut.

Saat ini ada dua produsen emas batangan yakni PT Aneka Tambang (Antam), dan PT Untung Bersama Sejahtera (UBS).

Sejatinya, kedua perusahaan itu sama-sama mengeluarkan emas batangan untuk dijual.

Bedanya, PT Antam adalah perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PT UBS adalah perusahaan swasta.

PT Antam berfokus pada produksi emas batangan sedangkan UBS juga memiliki brand perhiasan, yakni Venus dan Starshine.

Emas Antam sendiri memiliki keunggulan, yakni memiliki sertifikat standar London Bullion Market Association (LBMA). Dengan sertifikasi itu, pemilik emas Antam bisa menjualnya di pasar global.

Sedangkan emas UBS menyediakan sertifikat nasional dari UBS sendiri. Oleh sebab itu pangsa pasar UBS masih dalam negeri saja, masih kalah dengan Antam.

Harga

Pada dasarnya, harga emas Antam dan UBS sama-sama bergantung pada pada beratnya. Namun karena keunggulan sertifikat dan pangsa pasar Antam, harga emasnya lebih mahal dari UBS.

.Lokasi Pembelian

Emas Antam dapat dibeli langsung di unit bisnisnya di Pulogadung, Jakarta Timur. Aneka Tambang juga memiliki berbagai toko emas di berbagai kota. Pembelian secara online juga dapat dilakukan melalui www.logammulia.com.

Sementara itu, UBS tidak memiliki unit penjualan khusus. UBS dapat dibeli di toko emas, pegadaian, atau laman www.ubslifestyle.com.

Nah, bagaimana, sekarang sudah paham kan perbedaannya? Sudah terjawab kenapa emas Antam bisa lebih mahal dari UBS. Jadi pilihan mau beli emas Antam atau UBS kembali pada selera masing-masing dan tujuannya.

Jika tujuannya ingin menjual ke pasar global, sebaiknya Anda memang memilih emas cetakan Antam. (*)