Apa yang Dimaksud dengan Emas Xuping, Cara Membedakan yang Asli dan Palsu

Perhiasan emas merupakan salahsatu simbol kemewahan dan keindahan. Banyak wanita yang mendambakan memiliki beragam perhiasan emas.

Namun karena harganya yang mahal, tak jarang muncul tiruannya dari yang masih bernilai jual hingga yang palsu alias tidak memiliki nilai jual.

Nah, bagi yang sering berkecimpung di dunia perhiasan pasti pernah mendengar istilah emas xuping atau perhiasan xuping.

Xuping merupakan nama perhiasan yang berasal dari Tiongkok dengan bahan dasar logam tembaga.

Selain itu, perhiasan xuping tidak lepas dari rhodium sebagai sentuhan akhir supaya perhiasan semakin berkilau. Xuping biasanya digunakan oleh mereka yang alergi pada perhiasan berbahan imitasi.

Xuping juga tergolong perhiasan yang awet dan bisa bertahan sekitar 1 tahun jika digunakan dengan baik dan tidak terkontaminasi oleh cairan kimia.

Cara Membedakan Xuping Asli dan Palsu

Meskipun tergolong imitasi, bukan berarti Xuping tidak pernah dipalsukan loh. Xuping justru banyak dibuat tiruannya dengan bahan yang lebih murah.

Untuk membedakan antara perhiasan xuping asli dan palsu Anda bisa melihat logo xuping yang ditandai dengan tulisan ‘xuping’ di setiap perhiasannya. Biasanya tulisan ini berukuran kecil sehingga Anda harus jeli dalam melihatnya. Sedangkan perhiasan xuping palsu biasanya tidak memiliki logo tersebut.

Jenis Lapisan Perhiasan Xuping

Setelah Anda mengetahui perbedaan antara xuping asli dan palsu, Anda perlu mengetahui beberapa jenis lapisan perhiasan xuping, yaitu:

– Lapisan Finishing: perhiasan ini dilapisi dengan rhodium dan emas, dan menggunakan permata dari bahan dasar zircon yang biasa digunakan sebagai pengganti berlian di toko emas.

– Xuping Lapis Emas 14K: perhiasan ini dilapisi dengan emas 14 karat dengan ciri warna kuning pada xuping ini tidak mencolok dan lebih redup.

– Xuping Lapis Emas 18K: perhiasan yang dilapisi emas 18 karat ini memiliki ciri berupa warna kuning kecokelatan, berwarna lembut dan dan juga tidak terlalu mencolok.

– Xuping Lapis 24K: xuping dengan lapisan emas 24 karat ini biasanya terlihat mengkilap dan berwarna kuning terang.

– Xuping Lapis Rhodium: xuping ini berwarna silver mengkilap dan terlihat mirip dengan perak.

– Xuping Lapis Rose Gold: xuping ini dilapisi emas warna merah yang biasanya berwarna pink kecokelatan dan lebih pekat dibanding warna lainnya.

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai apa itu emas xuping. Semoga bermanfaat. (*)